Menu
SAJIAN ISI

Pemanfaatan PMN Tak Boleh untuk Bayar Utang

Gedung BUMN Gedung BUMN

Baru-baru ini, Komisi VI DPR-RI menyetujui usulan penyertaan modal negara (PMN) kepada 27 badan usaha milik negara atau BUMN dalam RAPBN-P Tahun 2015 senilai Rp37,276 triliun. Dengan adanya PMN tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan dapat menjadi lokomotif kesejahteraan rakyat.

Dari angka tersebut, PT Perkebunan Nusantara III (Persero) sebagai holding BUMN Perkebunan mendapatkan PNM sebesar Rp3,5 triliun yang akan digunakan untuk anak perusahaannya, yakni PTPN VII Rp175 miliar, PTPN IX Rp1 triliun, PTPN X Rp975 miliar, PTPN XI Rp650 miliar serta PTPN XII Rp700 miliar.  

Anggota Komisi VI DPR- RI, Muhammad Suryo Alam, seusai Rapat Kerja Pengesahan PMN dengan Menteri BUMN, Rini M Soemarno di Gedung DPR-RI, Jakarta, baru-baru ini, mengatakan, kucuran dana PMN sebesar Rp 37,276 triliun kepada 27 perusahaan tersebut telah melalui pembahasan yang mendalam yang dikaitkan dengan pendalaman pada rencana bisnis yang disampaikan perseroan.

"Pemberian PMN tersebut didasarkan pada 10 rekomendasi yang harus dijalankan perusahaan, seperti PMN tidak boleh digunakan untuk membayar utang perusahaan. Kemudian penggunaan PMN dilakukan dan dicatat dalam rekening terpisah," kata Suryo.

Selain itu, Suryo menekankan agar BUMN penerima PMN menerapkan Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik dan profesional. "Perlu pengawasan secara ketat atas penggunaan PMN agar sesuai dengan rencana bisnis yang diajukan pada Komisi VI," jelas Suryo.

Selanjutnya Suryo meminta agar tidak terjadi penyimpangan dalam penggunaannya. Apalagi,  PMN yang disepakati tahun ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah. Untuk itu, pemerintah harus memperhatikan dengan serius mengenai pembiayaan proyek-proyek BUMN tersebut.

Selengkapnya baca di Majalah HORTUS Archipelago edisi Maret 2015. Dapat diperoleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id