Menu
SAJIAN ISI

Pungutan CPO Fund Dikenakan Mulai Mei 2015

hortus edisi 32 mei 2015Rencana pemerintah mengutip dana pendukung sawit (CPO Supporting Fund/CSF) yang semula dicanangkan April, molor. Para ekportir CPO baru akan dikenakan pungutan per Mei ini, setelah Presiden Jokowi meneken peraturan pemerintah (PP) maupun Perpres yang akan menjadi payung hukum CPO Fund ini. "PP baru saya paraf, nanti sebentar lagi ditandatangani presiden. Kemungkinan Mei bisa dipungut," kata  Menteri Keuangan Bambang Soemantri Brodjonegoro di sela acara World Economic Forum (WEF) di Hotel Shangrila, Jakarta, pada pekan ketiga April kemarin.

Dijelaskan, mundurnya penerbitan PP karena proses perencanaan pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) pengelola CPO Fund yang membutuhkan waktu perencanaan. Namun, dengan tuntasnya perumusan PP, maka secepatnya kebijakan itu bisa dieksekusi setelah PP-nya diundangkan.  

Bambang menambahkan, salah satu isi PP tersebut mengatur pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) dalam pengelolaan dana dukungan penggunaan biodiesel sebesar 15%. Menurut dia, BLU tersebut berada langsung di bawah Kementerian Keuangan. "Yang mengelola dana sawit tersebut Kemenkeu. Contohnya sama seperti LPDP yang mengelola dana pendidikan. Tidak beda jauh," paparnya.

Secara terpisah, Sekjen Kementerian Keuangan, Kiagus Ahmad Badaruddin menambahkan, saat ini ada dua unsur di bawah Kementerian Keuangan yang tengah dilirik untuk mengelola dana tersebut. Pertama, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara. Kedua, Badan Kebijakan Fiskal. "Keputusannya kemarin di bawah Kementerian Keuangan, tapi sekarang lagi dicari tempatnya, supaya dana ini bisa dikelola tanpa bertentangan dengan peraturan," katanya.

Baca selengkapnya di Majalah Hortus Edisi Mei 2015. Dapat di peroleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id