Menu
SAJIAN ISI

Produk Cokelat Khas Daerah Agar Gencar Dipromosikan

hortus edisi 37Hari Kakao Indonesia 2015 dipusatkan di Yogyakarta. Dipilihnya Yogyakarta karena selain dikenal sebagai kota budaya, kota pariwisata dan kota pelajar, di provinsi ini kakao dan produk cokelat yang menonjolkan ciri khas daerah, diproduksi. Acara yang digelar dari tanggal 17-20 September 2015 tersebut, mengambil tema "Bersama Jogja Istimewa Membangun Kakao dan Cokelat Indonesia".

Menteri Perindustrian Saleh Husin saat memimpin peringatan Hari Kakao Indonesia (Cocoa Day) ke-3 di Ambarukmo Plaza, Yogyakarta, baru-baru ini menyatakan, kombinasi peningkatan produksi biji kakao dan pengembangan produk makanan minuman cokelat diyakini sanggup mendongkrak pengembangan industri berbasis pangan lokal ini.

“Jika dua strategi itu berjalan optimal, maka secara bertahap kita bisa atasi masalah kekurangan bahan baku dan mengurangi impor kakao. Bahkan kita balik hingga bisa menjadi pengekspor produk olahan kakao berupa cokelat,” kata Menperin.

Menurut Saleh, perhatian pemerintah ini berangkat dari peringkat Indonesia di posisi ketiga produsen biji kakao terbesar dunia setelah Pantai Gading dan Ghana. Sepanjang 2014, produksi biji kakao mencapai 370 ribu ton jika merujuk data International Cocoa Organization (ICCO).

Meski demikian, impor biji kakao terus bertambah. Jika pada tahun 2013 volume impor hanya 30,7 ribu ton maka pada 2014 membengkak tiga kali lipat menjadi 109,4 ribu ton. Di sisi lain, ekspor kakao olahan terus melaju setiap tahun. Tahun 2013 kakao olahan Indonesia yang dikapalkan ke luar negeri sebanyak 196,3 ribu ton lalu bertambah menjadi 242,2 ribu ton pada 2014 alias meningkat 23,3%. “Dari tiga data itu sangat jelas artinya. Yaitu kita memang produsen kakao kelas dunia tapi juga masih kekurangan kakao karena industri olahan kakao, yang lebih dikenal sebagai produk cokelat, sangat-sangat bergairah,” ujar Saleh.

Selengkapnya baca di Majalah HORTUS Archipelago Edisi Oktober 2015. Dapat diperoleh ditoko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id