Menu
SAJIAN ISI

Indonesia Incar Pasar CPO di Negara OKI

Indonesia Incar Pasar CPO di Negara OKI

Indonesia akan mengembangkan pasar Crude Palm Oil (CPO) ke negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Alasannya lantaran potensi pasar yang besar dari keanggotaan negara-negara OKI tersebut.

Staf Ahli Menteri Perdagangan (Mendag) Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward, menjelaskan, pihaknya akan memanfaatkan pasar nontradisional khususnya yang tergabung dalam OKI. OKI dinilai memiliki potensi yang luas karena terdapat 57 negara yang tergabung di dalamnya. Dan 57 negara tersebut menampung sebanyak 1,6 miliar penduduk.

Oleh karena itu, negara-negara OKI dinilai sebagai pasar CPO yang lumayan besar. "Kita harus menggali pasar yang besar di Afrika dan Timur Tengah," ujarnya.

Tahun 2016 neraca perdagangan Indonesia dengan negara OKI surplus sebesar US$ 914 juta. Angka tersebut meningkat sekitar 76% sejak tahun 2012. Berdasarkan data tersebut komoditas utama yang diekspor ke negara OKI adalah CPO beserta turunannya. Saat ini tarif bea masuk untuk produk tersebut dinilai masih sangat tinggi.

Menurut Dody, rata-rata bea masuk produk Indonesia ke negara OKI masih di atas 10%. Berdasarkan kerja sama ini, tarif bea masuk akan ditekan. Nantinya, Dody berharap tarif bea masuk dapat terpangkas setengahnya.

Saat ini masih akan dibuat daftar barang yang akan ditawarkan. Namun sejumlah komoditas unggulan akan juga diajukan seperti CPO beserta turunannya, kertas, otomotif dan mebel.

Tarif bea masuk dalam kerja sama ini nantinya hanya akan diturunkan bukan dibebaskan. Hal tersebut dikarenakan kerja sama antara Indonesia dengan OKI nantinya adalah Preferential Tariff System (PTS) bukan Free Trade Area (FTA). ***HB

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id